Bahaya Kafein Bagi Wanita, Jangan Anggap Remeh

Advertisements

Diary Sehat – Hai girls, kali ini kita akan meberikan informasi tentang apa Bahaya Kafein Bagi Wanita.

Konsumsi kopi pada wanita yang mengidap gangguan-gangguan kesehatan pada tubuhnya bisa berbahaya.

Ada penelitian yang menyebut bahwa konsumsi kafein secara berlebihan bisa memicu infertilitas pada wanita. Ini alasan dan bahaya wanita disarankan batasi asupan kopi atau kafein baik waktu pagi, sore maupun malam hari.

Apakah wanita boleh minum kopi setiap hari?

Konsumsi kopi pada wanita yang mengidap gangguan-gangguan tersebut bisa berbahaya.

Dan ada penelitian yang menyebut bahwa konsumsi kafein secara berlebihan bisa memicu infertilitas pada wanita.

Kaena kafein berlebih disebut bisa mengganggu proses ovulasi, sebab terjadi peningkatan kadar kortisol dan terjadi tekanan pada adrenal.

Apa efek samping mengkonsumsi kafein?

Ada beberapa efek samping yang bisa terjadi setelah penggunaan kafein, yaitu mual, muntah, sakit perut, susah tidur, atau sering pipis.


Dan juga kafein berlebih disebut bisa mengganggu proses ovulasi, sebab terjadi peningkatan kadar kortisol dan terjadi tekanan pada adrenal.

Kenali Efek Samping Kafein Kopi Bagi Wanita

Bahaya Kafein Bagi Wanita
Diary Sehat

Apakah Anda doyan ngopi? Tahu ga girls, bahwa salah satu bahaya efek minum kafein dalam kopi bagi wanita yang paling berbahaya adalah membuat wanita tidak subur.

Juga konsumsi kafein berlebihan dapat memengaruhi ASI apabila sedang menyusui. Khusus bagi para wanita, ini dampak jika kebanyakan minum kopi.

Secangkir kopi mungkin sudah jadi minuman sehari-hari, termasuk bagi wanita. Tapi awas, kebanyakan kopi bisa berbahaya bagi wanita.

Kafein tidak hanya terdapat dalam kopi, teh, coklat pun mengandung kafein ketika Anda konsumsi. Namun, jumlah kafein dalam kopi, teh, dan cokelat berbeda-beda.

Untuk kandungan kafein dalam secangkir kopi (8 ons/ 237 ml) yang diseduh berkisar antara 95 – 200 miligram kadar kafein, kandungan ini tentu berbeda dalam kopi instan.

Dengan nilai sekian, maka dari 3 bahan tersebut kopi lah yang mempunyai kandungan kafein tertinggi.

Kandunganya yaitu 60-200 mg kafein setara dengan secangkir kopi sedu, 140 mg kafein setara dengan secangkir kopi sarin, 100 mg kafein setara dengan secangkir kopi instan.

Kemudian 40 mg kafein terkandung dalam sebotol soda, 75 mg kafein sama dengan secangkir teh, dan 50g cokelat mengandung 25-50 mg kafein

Baca Juga : Bahaya Minum Kopi Campur Sprite

Jangan Berlebihan, Ini Efek Buruk Kafein Bagi Wanita

Apa bahaya atau dampak positif dan negatif konsumsi kafein dengan minum kopi bagi perempuan atau wanita?

Sebenarnua efek samping minum kopi bagi wanita dan pria tersebut sama. Namun, pada wanita, asupan kopi berlebih dapat memberikan dampak buruk.

Dalam kesempatan ini kita akan fokus untuk membahas tentang efek samping minum kopi bagi wanita.

Lalu apa saja efek minum kopi bagi wanita itu?

Berikut adalah beberapa alasan wanita sebaiknya hindari kopi dan bahaya yang mungkin terjadi.

1. Menyebabkan tulang keropos

Efek negatif atau bahaya minum kafein dalam kopi bagi seorang wanita yang pertama adalah bisa menyebabkan tulang keropos atau osteoporosis.

Menurut seorang perawat spesialis di National Osteoporosis Society, “Kafein juga mempengaruhi penyerapan kalsium dari usus dan mempercepat eksresi kalsium yang berpotensi membuat tulang keropos”.

Dan sebuah penelitian oleh LK Massey and SJ Whiting of Washington State University menyatakan bahwa konsumsi kopi yang berlebihan (>300 mg/hari) menjadi faktor risiko terjadinya osteoporosis.

Karena efek diuretik kafein yang mengganggu penyerapan kalsium dan meningkatkan ekskresi kalsium setelah 3 jam dikonsumsi,

2. Berpotensi meningkatkan gangguan kecemasan dan panik

Berikutnya rasa gelisah, cemas, hingga jantung berdebar dirasakan beberapa orang setelah minum kopi.

Penyebab bahaya ini rupanya terkait respon tubuh kamu terhadap asupan kafein, terutama pada wanita.

Namun, kafein dalam dua cangkir kopi dapat memberikan dorongan bagi organ jantung untuk bekerja lebih.

3. Gangguan kesuburan

Salah satu efek bahaya minum atau konsumsi kafein dalam kopi bagi wanita yang paling berbahaya adalah membuat wanita tidak subur.

Masalah kesuburan dalam suatu studi yang dilakukan pada wanita di Eropa menemukan bahwa wanita yang minum lima gelas kopi sehari membutuhkan waktu lama untuk hamil.

Sejauh ini, ahli reproduksi endokrin merekomendasikan untuk mengkonsumsi kafein kurang dari 200 sampai 300 mg per hari bagi pasangan yang kesulitan hamil.

Khusus Untuk Anda

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. Sinta berkata:

    Dih, aku tiap hari hampir 3 gelas gimana dong T_T

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *