Cara Pemberian Asi Ketika Bepergian

1 min read

Cara Pemberian Asi Ketika Bepergian

ASI adalah nutrisi yang paling penting dan dibutuhkan oleh si kecil. Pemberian ASI saja selama 0-6 bulan pertama dikenal sebagai ASI eksklusif. ASI eksklusif memberikan banyak sekali manfaat bagi si kecil, terutama peran ASI dalam menjaga daya tahan tubuh, mencegah beberapa penyakit agar tidak mudah menyerang si kecil, serta membantu proses pencernaan dan menguatkan ikatan antara ibu dan anak sehingga pemberian ASI eksklusif sangat dibutuhkan si buah hati.

ASI kemudian dilanjutkan hingga si kecil berusia 20 – 24 bulan dengan didampingi oleh MPASI (Makanan Pendukung ASI), dan dapat dihentikan sesuai kebutuhan tergantung keadaan si kecil dan produksi ASI Ibu.

ASI perah dapat menjadi solusi bagi seorang working mom atau Ibu yang juga bekerja diluar rumah agar kebutuhan ASI buah hatinya tetap terpenuhi, dan juga menjadi pengganti ketika Ibu tidak dapat menyusui secara langsung dikarenakan sedang dalam perjalanan, atau di tempat umum.

Cara Pemberian Asi Ketika Bepergian asi

Nah, pada kesempatan kali ini, Artikel ini akan fokus membahas cara pemberian ASI ketika bepergian sebagai berikut :

  • Satu-dua hari sebelum bepergian atau melakukan perjalan, siapkanlah ASI perah dan simpan ditempat dengan kondisi tertentu sehingga ASI dapat bertahan lama dengan kualitas yang sama pula. Baca juga detail bagaimana menyimpan ASI perah yang baik dan  benar sehingga kapanpun dibutuhkan akan siap dibawa dan gunakan
  • Siapkan portable freezer untuk menyimpan ASI perah saat dibawa diperjalanan yang cukup panjang
  • Siapkan pompa dan kantong ASI apabila dalam perjalanan bunda kehabisan ASI dan harus mempersiapkan lagi ASI yang baru
  • Siapkan pompa dan kantong ASI apabila dalam perjalanan bunda kehabisan ASI dan harus mempersiapkan lagi ASI yang baru
  • Apabila bepergian melalui pesawat terbang, harus benar-benar memperhatikan peraturan penerbangan dengan membawa bayi sehingga perjalanan bunda nanti akan lancar sampai dengan tujuan. Detailnya, baca juga perihal tips bepergian dengan bayi via  pesawat terbang.
  • Apabila persiapan telah selesai berarti anda telah siap memberikan ASI kepada buah hati tanpa perlu rasa malu apabila berada di tempat umum

Demikian bahasan singkat perihal pemberian ASI ketika bepergian, hampir sembilan puluh persen berupa tahap persiapan. Jadi, persiapkan dengan baik sebelum anda bepergian termasuk saat membawa buah hati sehingga tidak melupakan hak-hak buah hati kita dengan memberikannya ASI ketika bepergian. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *