Efek Samping Lada dan Aturan Konsumsi Tiap Hari

Advertisements

Dari sekian banyak manfaat yang ada dengan mengonsumsi merica, ada efek samping lada lada yang bisa timbul karena mengonsumsi secara berlebihan. Kelebihan konsumsi merica hitam ataupun putih salah satunya dapat menyebabkan masalah pernapasan.

Jika terlalu sering dan dengan kadar berlebih, dapat menyebabkan iritasi di tenggorokan juga lho, bahkan bisa menimbulkan masalah pernapasan lainnya. Menurut studi yang ada, apabila mengonsumsi terlalu banyak dan berlebihan, lada / merica bisa menyebabkan kulit kering dan bersisik.

Dengan kesempatan yang ada kali ini, Diary Sehat akan menjelaskan sedikit merica hitam punya dampak buruk apa saja bagi tubuh. Karena semua yang berlebihan adalah tidak baik, begitu pula efek samping mengonsumsi lada secara berlebihan, bisa berbahaya untuk Kesehatan.

Jadi harap hati-hati, karena efek buruk dari mengonsumsi lada hitam secara berlebihan bikin sakit perut hingga sulit bernafas. Dengan adanya dampak negatif seperti masalah pencernaan dan pernafasan, maka wajib Anda perhatikan untuk tidak konsumsi merica secara berlebihan.

Apakah merica baik untuk jantung?

Merica dan lada hitam merupakan salah satu makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Efek penurun kolesterolnya dapat membantu mencegah risiko penyakit jantung. Lada hitam juga dinilai mampu membantu mengontrol tekanan darah.

Merica untuk obat apa?

Beberapa manfaat merica untuk kesehatan meliputi pencegahan kanker dan pereda diare. Merica juga dapat meningkatkan kadar testosteron pada pria.

Efek Samping Lada Jika Konsumsi Berlebihan

Efek Samping Merica
Diary Sehat

Pada kasus beberapa orang tertentu seperti penderita hipersensitif akan sangat mengalamai dampak yang signifikan.

Dibalik manfaat atau kegunaan bagi tubuh yang banyak dengan kandungan vitamin dan mineral pentingnya, mengonsumsi lada / merica hitam berlebihan justru akan menimbulkan efek samping. Efek samping mengonsumsi merica bagi tubuh bahkan bisa menimbulkan iritasi mata.

Memang Ketika Anda mengonsumsi merica secara teratur dengan kadar yang normal dan tidak berlebihan, manfaat yang banyak akan Anda dapatkan untuk tubuh. Mulai dari Kesehatan otak, menjaga tulang tetap sehat, sampai membuat kulit tetap cantik.

Juga khasiat yang akan Anda dapatkan berupa membantu penyerapan nutrisi, membantu menurunkan kolesterol dan mengandung efek menghangatkan tubuh. Sebaliknya, efek samping terlalu banyak menkonsumsi merica / lada bisa menimbulkan penyakit yang berbahaya.

Pada merica memiliki rasa yang pedas dan sifatnya hangat, ketika konsumsi merica secara berlebihan dapat menyebabkan perih pada perut. Rasa mual juga bisa timbul dan Anda rasakan.

6 Efek dari Konsumsi Lada Bagi Kesehatan

Efek Samping Merica
Diary Sehat

Bagi Moms juga wajib mengetahui apa saja efek merica pada ibu hamil ketika mengonsumsi secara berlebihan.

Berikut ini adalah efek samping dari mengonsumsi lada / merica secara berlebihan yang telah Dairy Sehat rangkum.

1. Masalah pencernaan

Pertama untuk efek samping lada bagi tubuh adalah menimbulkan masalah pencernaan. Ketika Anda mengonsumsi lada secara berlebihan dapat menyebabkan rasa perih pada perut seperti terbakar.

2. Gangguan pernafasan

Berikutnya untuk efek samping dari konsumsi merica berlebihan adalah memicu gangguan pernafasan. Hal tersebut karena adanya senyawa piperin dalam merica. Dan, senyawa ini menimbulkan rasa panas dan pedas.

3. Alergi

Memang tidak semua orang mengalami gejala alergi dari efek samping konsumsi lada. Namun pada orang yang memiliki alergi terhadap merica akan merasa tidak nyaman, mual, atau pusing setelah mengkonsumsinya.

4. Kondisi kulit bermasalah

Selanjutnya untuk Efek samping lada ketika Anda konsumsi berlebihan adalah kondisi kulit kering dan bersisik. Bahkan pada kasus orang yang punya hipersensitif bisa menimbulkan gatal-gatal.

5. Pendarahan

Dalam merica mengandung vitamin K, yang punya peran dalam menjaga pembekuan dalam darah. Sehingga konsumsi lada / merica pada orang yang terluka atau Wanita melahirkan, punya efek samping terjadi pendarahan.

Oleh karena itu sebaiknya Anda kurangi konsumsi merica seminggu sebelum menjalani operasi.

6. Mengubah rasa ASI

Pada ibu hamil, efek samping berlebihan konsumsi merica adalah berubahnya rasa pada ASI. Sehingga akan berpengaruh kepada bayi dan juga bisa terserap bayi dan mengganggu pencernaannya.

Aturan konsumsi Merica / Lada Tiap Hari

Manfaat merica putih maupun hitam bagi Kesehatan sangatlah banyak jika Anda mengonsumsinya dengan benar dan tidak berlebihan. Mengutip dari hellosehat.com, supaya tidak timbul efek samping, takaran konsumsi merica / lada bagi orang dewasa adalah 300-600mg.

Atau maksimal mengonsumsinya tidak boleh lebih dari 1,5 gram/hari. Namun takaran setiap harinya juga berbeda-beda setiap orang. karena, factor Kesehatan juga mempengaruhi banyaknya kadar merica yang bisa Anda konsumsi.

Penutup

Itulah yang bisa kami sampaikan tentang topik Efek Samping Lada bagi tubuh Ketika Anda konsumsi secara berlebihan.

Juga efek samping kebanyakan /  terlalu banyak makan lada hitam dan putih bagi ibu hamil dan pria.

Khusus Untuk Anda

Mungkin Anda juga menyukai

3 Respon

  1. Rudi berkata:

    mantab

  2. Ika kumala berkata:

    Telinga berdengung bisa efek karena merica g min?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *