Fakta Manfaat ASI Bagi Bayi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

1 min read

Manfaat ASI Bagi Bayi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

Ibu mana yang tidak menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang cerdas dan memiliki tingkat intelegensi tinggi. Pada dasarnya semua ibu menginginkan yang terbaik untuk anaknya termasuk dalam hal kecerdasan dan pendidikan anak. Namun, di daerah perkotaan dimana banyak ibu yang bekerja sebagai wanita karir tidak memiliki waktu atau bahkan melupakan pemberian ASI secara ekslusif kepada anaknya dan memilih susu formula sebagai penggantinya.

Sebenarnya adakah manfaat ASI bagi bayi untuk meningkatkan kecerdasan anak? Berikut fakta yang menunjukkan bahwa ASI sangat berperan dalam meningkatkan kecerdasan seorang bayi.

  1. Bayi yang mendapatkan ASI akan memiliki kecerdasan yang lebih baik dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapatkan ASI. Fakta ini dikemukanan oleh peneliti Mortensen EL, 2002 yang menyatakan bahwa nilai IQ anak yang disusui kurang dari 1 bulan memiliki 5 poin lebih rendah dibandingkan anak yang disusui 7-9 bulan
  2. Pemberian ASI yang lebih lama juga akan meningkatkan kemampuan kognitif seorang anak dan keberhasilannya di bidang pendidikan baik formal maupun non formal. Hal inilah yang disampaikan American Academy of Pediatrics (AAP) dalam jurnalnya yang dipublikasikan tahun 1998 dimana data dikumpulkan sejak anak lahir sampai berusia 18 tahun dengan jumlah sampel yang lebih dari 100 anak
  3. Apabila seorang ibu memberikan ASI lebih lama dibanding bayi lain, maka seorang bayi akan memiliki kecerdasan intelegensia dan kemampuan bahasa yang lebih tinggi dibandingkan bayi lain. Penelitian mengenai fakta ini telah dilakukan oleh Belfort tahun 2013 dimulai tahun 1999 sampai 2002 dan dilanjutkan kembali hingga usia anak 7 tahun.
  4. Richards (2002) melakukan penelitan kepada 1736 anak. Hasil penelitainnya menunjukkan bahwa anak yang diberikan ASI oleh ibunya menunjukkan pencapaian di bidang pendidikan yang lebih tinggi dimana hasil ini tidak bergantung pada latar belakang sosial dan ekonomi anak tersebut.

Demikian Fakta Manfaat ASI Bagi Bayi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jadi, tidak ada alasan bagi seorang ibu untuk tidak memberikan ASI secara eksklusif kepada bayinya. Baca juga 10 Manfaat ASI Bagi Bayi Untuk Meningkatkan Kesehatan agar dapat menambah wawasan dan keyakinan ibu yang masih ragu ataupun yang tidak memiliki banyak waktu untuk memberikan ASI eksklusif kepada buah hati dirumah.

Jika pembahasan ini memberi bermanfaat, maka tidak ada salahnya dibagikan agar semua ibu dan calon ibu di Indonesia sadar untuk mewujudkan generasi yang lebih baik, pintar dan berwawasan tinggi. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *