Manfaat Menyusui bagi Kesehatan Ibu

1 min read

manfaat menyusui bagi kesehatan ibu

ASI tentu banyak sekali manfaatnya bagi bayi yang baru saja lahir ke dunia sehingga mewajibkan Ibu untuk selama mungkin (minimal 6 bulan dan idealnya adalah 2 tahun) untuk memberikan buah hati mereka ASI secara eksklusif. Namun Bunda, ternyata menurut penelitian, manfaat menyusui tidak hanya didapat oleh bayi saja lho, tetapi juga bagi si Ibu.

Berikut adalah beberapa manfaat menyusui bagi kesehatan ibu diantaranya :

  1. Membantu mengembalikan kondisi Rahim ke bentuk normal dan menghentikan pendarahan

Pada saat menyusui, isapan bayi dapat merangsang tubuh Ibu untuk melepaskan hormon oksitosin yang kemudian akan merangsang rahim berkontraksi sehingga mengembalikan rahim ke bentuk semula dan juga menghentikan pendarahan lebih cepat dibanding dengan Ibu yang tidak secara eksklusif memberikan ASI dan melakukan IMD (Inisiasi Menyusui Dini).

Oleh karena itu, mengingat manfaat menyusui bagi kesehatan inilah biasanya dianjurkan untuk menyusui bayi yang baru lahir sesegera mungkin termasuk untuk mempercepat recovery ibu pasca melahirkan.

  1. Membantu menurunkan berat badan
manfaat menyusui bagi kesehatan ibu berat badan

Dengan bertambah besarnya bayi anda, biasanya berat badan Ibu akan ikut turun. Hal ini salah satu penyebabnya adalah adanya proses menyusui yang membantu mengikis banyak sekali kalori. Pemberian ASI secara eksklusif menghabiskan 500 kalori per hari (setara dengan berenang 30 putaran atau bersepeda menanjak selama 1 jam).

Sehingga semakin lama Ibu menyusui, maka  berat badan Ibu juga akan turun dengan mudahnya disamping si kecil akan semakin sehat. Tapi tentunya cepat atau lambatnya penurunan berat badan adalah tergantung pada metabolisme setiap Ibu. Jadi aktifitas menyusui dapat dilakukan oleh ibu sekaligus untuk diet mengembalikan berat badan menjadi normal.

  1. Mengurangi stress dan gelisah, dan KB alami

Saat kulit bayi dan Ibu bersentuhan selama proses menyusui, maka tubuh Ibu akan melepaskan hormon prolaktin, dimana hormon tersebut berfungsi untuk menciptakan perasaan tenang dan rileks. Hormon prolaktin juga berperan sebagai KB alami, dimana hormon ini dapat menghambat terjadinya pematangan sel telur sehingga menunda kesuburan selama masa menyusui.

Apakah anda pernah melihat seorang ibu yang baru melahirkan tidak bahagia?, mungkin inilah penyebab semua ibu bahagia pasca melahirkan.

  1. Mengurangi resiko kanker payudara

Manfaat menyusui bagi kesehatan ibu selanjutnya yakni pada proses menyusui dapat menekan produksi hormon estrogen berlebih yang dapat menjadi pemicu perkembangan kanker payudara, dan juga kanker indung telur serta endometrium. Diduga penurunan estrogen menyebabkan berkurangnya rangsangan pada dinding rahim dan jaringan sel payudara yang dapat memperkecil risiko jaringan tersebut menjadi kanker.

So, Masih ragu memberikan asi ekslusif kepada bayi setelah mengetahui manfaat menyusui bagi kesehatan ibu? Semoga bermanfaat dan share ke seluruh ibu dan calon ibu semua..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *