Minum Temulawak Saat Perut Kosong Apa Boleh?

Advertisements

Lambung dalam kondisi kosong bagi beberapa orang memang berbahaya, lalu apa efek minum temulawak saat kondisi perut kosong?

Ada sebuah kisah nyata, yang membuktikan ternyata rutin minum air rebusan temulawak bisa mengembalikan tubuh sehatnya.

Karena dengan minum air rebusan temulawak kondisi perut kosong tidak hanya sekadar jamu biasa lo say. Disebutkan, rutin minum air rebusan air temulawak bisa menghilangkan rematik.

Rimpang temulawak digunakan dalam pengobatan tradisional Indonesia sebagai kolagog, sakit perut aromatik, analgesik, dan obat rematik.

Ketika perut kembung akibat masuk angin memang seringkali tidak disadari oleh tubuh. Untuk itu, konsumsi lah temulawak sewaktu perut kosong ketika kamu masuk angin adalah salah satu alternatif pengobatan dengan minum herbal ini.

Jamu temulawak memang populer sebagai jamu penambah nafsu makan. Bahkan dari temulawak, sudah tercipta obat fitofarmaka yang berfungsi menjaga fungsi liver.

Namun, Anda perlu mengetahui cara minum temulawak yang benar agar terhindar dari efek samping yang bakal muncul.

Pasalnya, temulawak juga bisa menyebabkan efek samping. Untuk penggunaan dalam jangka waktu singkat, temulawak umumnya aman digunakan.

Jadi jangan asal minum, begini caranya agar temulawak lebih bermanfaat bagi tubuh dan tidak menyebabkan efek samping.

Bolehkah Minum Temulawak Saat Perut Kosong?

Minum temulawak saat perut kosong
Diary Sehat

Pertama sebelum memutuskan untuk menjadikan rimpang ini jadi jamu herbal, Anda wajib tahu cara konsumsi temulawak untuk pengobatan alternatif.

Lalu benarkah dengan minum atau mengkonsumsi temulawak dalam kondisi perut kosong benar? Supaya mendapat manfaat / khasiat yang maksimal dari rebusan temulawak bagi tubuh kita.

Bagaimana cara mengkonsumsi temulawak yang benar?

Rebus potongan rimpang temulawak dengan 3 gelas air (660 ml). Rebus hingga menjadi ukuran 1 gelas. Dinginkan air rebusan, kemudian saring. Tambahkan madu sebagai pemanis dan minum selagi hangat.

Bolehkah minum air rebusan temulawak setiap hari?

Untuk penggunaan dalam jangka waktu singkat, temulawak umumnya aman digunakan. Namun, jika digunakan lebih 18 minggu, temulawak juga bisa sebabkan iritasi perut dan mual.

Berapa kali sehari minum air temulawak?

Anda minum obat herbal tersebut 1/2 gelas 3 kali sehari atau sampai demam reda.

Berapa lama minum temulawak untuk maag?

Selain itu, temulawak juga tidak Ahli anjurkan untuk dikonsumsi dalam jangka waktu lama, dengan maksimalnya adalah 18 minggu agar tidak justru menyebabkan iritasi pada lambung.

Efek Minum Temulawak Kondisi Perut Kosong

Secara iseng minum air rebusan kunyit saat perut kosong setiap pagi, Anda akan terkejut saat rasakan manfaat tak terduga. Namun demikian ada aturan dan takaran yang pas untuk mendapat khasiat / manfaat yang optimal dari rubusan temulawak.

Yang harus Kamu perhatikan jika konsumsi temulawak atau dalam bahasa latin Curcuma zanthorrhiza adalah dengan melihat dulu kondisi tubuh.

Sebenarnya temulawak dapat Kamu konsumsi atau minum dengan cara Kamu seduh dengan air hangat, lalu nikmatilah setiap pagi hari saat perut masih kosong, tanpa menggunakan gula.

Namun, melansir dari Halodoc.com, bahwa meskipun temulawak memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, namun rimpang ini juga punya efek samping bagi tubuh.

Hal itu karena penggunaan temulawak adalah untuk jangka pendek bukan untuk pengobatan secara rutin setiap hari. Ahli menyebutkan juga apabila rebusan rimpang ini Kamu gunakan lebih dari 18 minggu, temulawak bisa sebabkan iritasi pada perut yang membuat Kamu merasa mual.

Jadi beri waktu lambung Anda untuk beristirahat selama beberapa bulan, lalu lanjutkan jika Anda ingin.

Bahkan dari penjelasan yang terbit dari Halodoc.com menyarankan bagi mereka yang meiliki penyakit hati atau masalah dengan empedu. Sebaiknya menghindari untuk mengonsumsi atau minum air rebusan temulawak baik dalam kodisi perut terisi atau kosong.

Karena Ketika Kamu mengonsumsi herbal ini, malah akan memperburuk kondisi Kesehatan Kamu.

Cara Konsumsi Temulawak yang Benar

Minum temulawak saat perut kosong
Diary Sehat

Secara umum masyarakat sering meminum rebusan kunyit dan temulawak. Biasanya bisa Kamu tambahkan madu atau gula jawa.

Baiklah catat dosis yang tepat saat minum rebusan temulawak baik dalam kondisi perut kosong maupun tidak. Sebelum Kamu mengonsumsi Temulawak, ketahui dahulu apakah ada penyakit yang berhubungan dengan zat dari rimpang ini atau tidak.

Kemudian untuk cara konsumsi Temulawak yang benar untuk mendapat manfaat / khasiat maksimalnya berdasarkan Formularium Ramuan Obat Tradisional yaitu.

Untuk mengolah temulawak segar, Kamu bisa rebus 25 – 50 gram dan kemudian minum rebusan tersebut 1 jam sebelum makan.

Selain dengan merebusnya, Kamu bisa konsumsi dengan cara menghaluskan temulawak sampai menjadi bubur atau bubuk. Kemudian ambil 5 – 15 gram temulawak yang sudah Kamu haluskan dan seduh dengan air hangat atau panas.

Namun jangan berlebihan mengonsumsi / minum temulawak, ada batas minum 4 gelas sehari baik perut kosong atau tidak, supaya Kamu tidak terkena efek samping dari rimpang ini.

Penutup

Terima kasih telah menyimak artikel kami tentang Bolehkah Minum Temulawak Saat Perut Kosong.

Kemudian untuk berapa dosis kali minum temulawak sebelum atau sesudah makan untuk asam lambung yang benar dan khasiat nya dengan gula arem.

Semoga bisa bermanfaat bagi Kamu ya…

Khusus Untuk Anda
Sorry no related post found

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *