Penemu Alpukat Siapa? Ini Sejarahnya

Advertisements

Kita semua tahu buah alpukat, namun apakah Anda skalian tahu siapa penemu dari buah ini? Nah pada kesempatan kali ini, Diary Sehat ingin memberikan sedikit informasi terkait siapa penemu dari buah alpukat ini.

Pada jaman dahulu di Eropa, orang pertama yang memperkenalkan buah ini adalah Martin Fernandez de Enciso, anggota tentara Spanyol. Sejak penemu itulah buah alpukat mulai terkenal oleh banyak penduduk dunia.

Dan di Indonesia sendiri, buah ini diperkenalkan oleh orang-orang Belanda pada abad ke-19 dan dikenal dengan nama alpukat atau apokat.

Namun kejadian sebenarnya bagaimana sih, sampai buah ini bisa sampai ke Indonesia dan sangat terkenal sekarang karena rasa dan manfaatnya yang banyak.

Sebenarnya penemu asal nama alpukat ini mungkin membuat anda tidak nyaman, ada beberapa yang mengartikan dengan hal porno dan lain-lain.

Dan tanaman alpukat merupakan tanaman buah berupa pohon dengan nama alpuket. (jawa barat), alpokat (jawa timur/jawa tengah), boah pokat, jamboo pokat (batak), dan lain-lain.

Inovasi dari sang penemu membuat varietas unggul buah alpukat, dianggap tak masuk akal. namun usaha tak mengkhianati hasil.

Beberapa warga pada daerah ber iklim dingin berhasil mengembangkan jenis lain dari alpukat, mulai dari jenis alligator, hass, dan mentega.

Baca Juga Alpukat Dan Pepaya Untuk Bayi, Manfaat dan Resepnya

Siapa Penemu dari Buah Alpukat?

Penemu Alpukat
Diary Sehat

Asal-usul penemu alpukat merupakan salah satu buah yang banyak terjual dan konsumen oleh masyarakat Indonesia. Sejarah alpukat, buah dari amerika tengah yang mendunia.

Dari mana asal jus alpukat?

Persea americana Mill atau yang lebih terkenal dengan nama alpukat merupakan buah asal Amerika Tengah, tepatnya Meksiko Selatan dan Honduras.

Kenapa alpukat namanya alpukat?

Nama buah alpukat atau avocado berasal dari kata dalam bahasa Spanyol, yaitu ‘aguacate’. Kata dalam bahasa Inggris modern yang Anda gunakan saat ini berasal dari penyebutan “avogato pear” sejak tahun 1697 yang terplesetkan menjadi “alligator pear”.

Berapa tahun buah alpukat?

Alpukat akan mulai berbuah setelah berumur sekitar 10-15 tahun jika menanam melalui biji. Adapun jika tertanam dengan sistem vegetatif biasanya akan mulai berbuah setelah berumur sekitar 5 hingga 8 tahun, tergantung pada perawatannya.

Biasanya buah akan dapat dipanen setelah 6 hingga 7 bulan setelah bunga mekar.

Apakah alpukat aligator?

mengutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, alpukat aligator adalah varian tanaman alpukat yang unik dan istimewa yang penemu berasal dari Meksiko. Alpukat ini kerap punya panggilan sebagai “Giant Avocado” karena ukurannya yang besar.

Ini Nama dan sejarah Alpukat Sampai ke Tanah Air

Penemu Alpukat
Diary Sehat

Asal penemu tumbuhan alpukat ini berasal dari meksiko dan amerika tengah dan kini banyak budidaya di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika lainnya di dunia.

Dalam bahasa inggris, kata ‘avocado’ karena oleh penemu alpukat sir hans sloane pada tahun 1696. Ia adalah seorang ahli fisika, naturalis dan seorang kolektor yang berasal dari Irlandia.

Tanaman ini muncul awal Spanyol pada tahun 1601, kemudian menyebar ke Indonesia pada tahun 1750, ke Mauritius pada tahun 1780, ke Brasil pada tahun 1809, dan ke Amerika Serikat pada tahun 1825.

Namun tak semua orang tahu, ternyata inilah asal mula penamaan dari penemu alpukat pada Negara Meksiko. Dahulu, orang-orang nahua menyebut alpukat dengan nama ahuacatl, yang juga bisa berarti buah zakar.

Para peneliti menduga orang-orang Nahua menamakan demikian karena bentuknya yang mirip bagian tubuh pria, sekaligus fungsinya sebagai aphrodisiac atau penambah gairah seksual.

Kemudian sejarah alpukat hass paling banyak terkenal dalam dunia. Alpukat hass merupakan jenis alpukat terlezat yang banyak yang mencari di dunia, Dan hass merupakan nama belakang dari penemu buah alpukat ini.

Dengan tekstur yang lembut, ini juga bisa Anda buat jadi alternatif sebagai Mpasi, karena alpukat dan pepaya untuk bayi mempunyai manfaat yang tinggi bagi bayi.

Melansir dari en.wikipedia tentang Hass avocado, Rudolph adalah penemu pertama kali buah alpukat ini.

Tepatnya pada tahun 1926 di daerah West Road, La Habra Heights, California. Beliau mendapatkan pohon alpukat hass atas dasar ketidak sengajaan.

Dan yang terahir penemu alpukat siger, jenis ini merupakan sumber genetik lokal unggulan lampung timur, lampung. anto abdul mutholib merupakan pencipta tanaman buah unggul ini.

Menurut Dr. dr. Khairun Nisa, M. Kes., Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Lampung, alpukat memiliki kandungan bermanfaat untuk tubuh manusia. Alpukat punya kandungan lemak sebesar 30%, terdiri lemak jenuh dan tak jenuh.

Penutup

Terima kasih telah menyimak artikel kami tentang siapa penemu buah alpukat, semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat bagi Anda.

Juga beberapa hal tentang jenis genus divisi taksonomi pohon famili kingdom alpukat berasal dari berbagai daerah yang dingin.

Khusus Untuk Anda

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. adi berkata:

    makasih kak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *