Tips Bepergian Dengan Bayi Via Pesawat Terbang

1 min read

tips bepergian dengan bayi via pesawat terbang

Masih banyak ibu muda terutama yang baru memiliki bayi masih bingung apabila bepergian keluar kota ataupun ke luar negeri via pesawat terbang dan rata-rata belum tahu tentang tips bepergian dengan bayi via pesawat terbang. Bisa coba untuk menyimak pembahasan berikut perihal tipsnya dan semoga bermanfaat bagi ibu muda.

  1. Pertama – tama, siapkan seluruh perlengkapan berupa ice gel, pompa maupun kantong plastik serta breast pad untuk mempermudah penyiapan dan pemberian ASI nantinya.
  2. Selanjutnya bayi terlebih dahulu harus memenuhi syarat terbang yang detailnya dapat berbeda diantara maskapai yang ada. Oleh karena itu, sebaiknya carilah informasi lebih dulu secara detail terkait persyaratan tersebut ke maskapai yang akan digunakan. Selanjutnya mintalah surat keterangan dokter baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris (apabila akan melakukan perjalanan keluar negeri ataupun luar kota), mengenai kondisi kesehatan buah hati sehingga dapat ditunjukkan kepada pihak maskapai atau petugas bandara yang menyatakan buah hati dalam keadaan sehat serta Ibu yang sedang dalam keadaan menyusui.
  3. Saat check in, usahakan duduk di lorong yang dekat dengan jalan sehingga akan mudah saat akan memompa ASI. Lebih disarankan lagi untuk pompa ASI sebelum masuk pesawat yang bisa dilakukan di ruang baby care ataupun di toilet khusus penyandang cacat. Hal ini demi kenyamanan sang ibu saat mompa ASI
  4. Apabila payudara bunda sudah terasa penuh saat boarding, maka bunda bisa mompa di toilet pesawat saat penumpang masing mengatur barang di kabin sehingga kita masih ada waktu untuk memakai toilet pesawat.
Tips Bepergian Dengan Bayi Via Pesawat Terbang
  1. Mengenai peraturan maskapai mengenai boleh/tidaknya membawa cairan masuk kabin pesawat terbang, sebenarnya maskapai menganggap ASI perah sama dengan obat yang dapat dibawa kedalam kabin dengan jumlah tak terbatas atau apabila dibatasi, berkisar antara 1 liter yang dipisah dalam kemasan 100ml. Sisanya taruhlah ASI perah dalam bagasi dengan menyusunnya terlebih dahulu dalam
  2. Pada saat lepas landas dan mendarat, susui buah hati agar tidak menyebabkan telinga nyeri karena perubahan tekanan udara. Lakukan hingga pesawat dalam keadaan stabil. Proses menyusui ketika lepas landas ini bertujuan untuk menyesuaikan tekanan udara dalam telinga dengan tekanan udara dalam kabin pesawat, sehingga si kecil tidak langsung kaget. Anda perlu menunda perjalanan dengan menggunakan pesawat apabila si kecil mengalami gangguan pernafasan seperti flu ataupun batuk mengingat gangguan pernafasan ini dapat menyebabkan efek nyeri telinga semakin parah bagi buah hati. Kemudian untuk mengurangi suara bising yang membuat buah hati kurang nyaman dan terganggu, Ibu dapat menutup lubang telinga dengan kapas.

Demikian tips bepergian dengan bayi via pesawat terbang. Jika anda berencana melakukan perjalanan atau bepergian dengan bus atau kereta, bacalah Bepergian dengan bayi via bus atau kereta, Why Not?. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *